Mengapa Seragam Kerja Penting Bagi Perusahaan

Menurut Wikipedia pengertian Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Faktor produksi yang dimaksud adalah komponen-komponen pembentuk terwujudnya peristiwa transaksional yang hasil akhirnya akan berupa produk baik itu barang atau jasa. Secara garis besar komponen-komponen tersebut dapat kita dikotomikan kedalam dua kategori yaitu benda/material dan manusia.

Kedua komponen tersebut tentu saja membutuhkan perlakuan yang berbeda dalam pola pengelolaannya, terutama dalam aspek pengelolaan sumberdaya manusia. Karena manusia cenderung dinamis. Karakter manusia yang lain adalah yaitu mereka memiliki sifat monodualis, hal tersebut juga membuktikan bahwa manusia memiliki rasa kolektif yang harus diakomodir.

Untuk mengakomodir sifat kolektif tersebut banyak sekali langkah yang bisa dipertimbangkan untuk kemudian diaktualisasi kedalam sebuah bentuk regulasi. Salahsatu bentuk aktualisasi tersebut adalah regulasi perusahaan tentang pakaian seragam. Memang terlihat sangat sederhana bahkan cenderung tidak esensial, mungkin. Tetapi dengan diberlakukannya peraturan tentang penggunaan pakaian seragam atmosefer sebuah perusahaan akan terlihat lebih elegan serta menghadirkan rasa kebersamaan yang kental sebagai salahsatu wujud profesionalisme dalam tubuh sebuah perusahaan.

Selanjutnya, pakaian seragam adalah media untuk memperkuat identitas perusahaan. Setiap instansi atau perusahaan tentu memiliki perbedaan dengan instansi lainnya meskipun masih berada dalam bidang kerja yang sama. Alur kerja, kualitas produk yang dihasilkan serta peraturan internal adalah beberapa hal yang menjadi pembeda antara sebuah perusahaan dengan perusahaan lain, namun hal tersebut belum tentu akan terlihat berbeda secara visual. Dalam hal ini seragam perusahaan akan menjadi pembeda secara visual.

Pakaian seragam juga menjadi penting karena merupakan kebutuhan karyawan untuk bekerja dan juga menjadi kebutuhan perusahaan agar memudahkan management perusahaan dalam mengatur karyawan yang bekerja pada perusahaan itu. Pakaian seragam juga akan memberikan dampak penghematan dan efisiensi bagi setiap karyawan didalam pengeluaran uang untuk membeli pakaian untuk bekerja. Dan pakaian seragam itu penting artinya bagi setiap perusahaan yang menggunakannya , karena melalui pakaian seragam itu pula masyarakat luas akan mengenal lebih dekat perusahaan tersebut dan memberikan kebanggan tersendiri bagi setiap perusahaan.

Dibeberapa perusahaan pakaian seragam dibuat berbeda sesuai dengan rentang jabatan atau kriteria lain yang telah disesuaikan. Ada juga perusahaan yang menetapkan kesamaan model seragam yang digunakan baik oleh level top management ataupun karyawan. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menumbuhkan rasa uniformitas atau kebersamaan diantara atasan dengan bawahan.

Lalu pentingkah peraturan penggunaan seragam kerja diberlakukan diperusahaan yang notabene berjumlah karyawan sedikit dan tidak terlalu intens berkomunikasi serta beraktivitas dengan klien?

Rasanya tidak ada relevansi khusus antara jumlah karyawan atau intensitas bertemu klien dengan ketaatan terhadap regulasi. Setiap pengusaha tentu berharap perusahaannya menjadi perusahaan yang besar, menghasilkan produk yang paling baik, berorientasi pada profit dan membawa manfaat yang banyak bagi semua pihak. Untuk mencapai hal yang diangankan tersebut tentu ada banyak tabiat yang harus dijalankan salahsatu dengan mengupayakan seluruh personil perusahaan untuk taat terhadap regulasi yang sudah ditentukan dan disepakati.

Mungkin menakar kinerja karyawan dari seragam kerja adalah hal yang terlalu kecil. akan tetapi dari hal yang kecil kita dapat menilai kesiapan seseorang untuk menyelesaikan hal yang besar.