Proses Kreatif dan Hal-hal Yang Harus Diketahui Dalam Dunia Animasi

 

Animasi adalah satu proses menghidupkan atau memberikan gambaran bergerak kepada sesuatu yang statik agar kelihatan hidup dan dinamik.animasi merujuk kepada satu perbuatan atau proses menjadikan sesuatu agar kelihatan hidup.

Teknologi internet terus berkembang pesat sehinggakan image dinamik ataupun animasi juga boleh dimasukkan ke dalamnya. Terdapat berbagai keadaan di mana animasi diperlukan penggunaannya di dalam sesebuah halaman web, antaranya ialah bagi menceriakan  sesuatu halaman web, menerangkan sesuatu konsep dengan lebih jelas dan menjimatkan ruang storan di dalam sesuatu komputer pelayan (server) bila menggunakan animasi berbanding dengan video bagi menunjukkan peristiwa yang sebenar. Animasi juga digunakan bertujuan untuk menerangkan sesuatu konsep yang tidak dapat diterangkan menggunakan media-media yang lain.

Perkembangan animasi seiring dengan perkembangan dunia pertelevisian. Pada awalnya diciptakanlah animasi berbasis dua dimensi (2D Animation). Yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang (x-axis) dan lebar (y-axis) saja. Realisasi nyata dari perkembangan animasi dua dimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya film-film kartun.

Pembuatan animasi film kartun itu sendiri pada awalnya dikerjakan dengan membuat sketsa gambar yang digerakkan satu demi satu. Untuk membuat satu durasi animasi membutuhkan jumlah gambar yang cukup banyak.Yang disebut stop motion animation, adalah menggabungkan serangkaian frame gambar diam (gambar diambil menggunakan kamera foto, namun ada juga yang menggunakan kamera film), lalu digabungkan dengan frame-frame lain, sehingga menjadi sebuah animasi.

Prinsipnya simpel. Seandainya ingin menciptakan gambar bergerak sebuah mobil, misalnya. Mula-mula diambil gambar mobil yang bergerak dari kiri, hanya sebagian yang muncul dalam frame. Diterusin dengan mobil yang seolah bergerak ke kanan, dan akhirnya menghilang dari frame.

Tetapi sejak ditemukannya teknik animasi sel, maka pembuatannya menjadi lebih mudah. Kertas gambar yang biasa dipergunakan diganti dengan kertas transparan yang terbuat dari bahan celluloid sheet. Teknik animasi sel inilah yang kemudian diadopsi dalam animasi komputer. Kertas gambar dalam pembuatan animasi sebelumnya kemudian diprogram menjadi frame di komputer. Sehingga yang semula berupa kumpulan gambar-gambar maka di komputer hal tersebut sudah merupakan kumpulan dari frame-frame yang tersusun dalam sebuah alur waktu. Adanya perubahan pergerakan suatu objek yang dianimasi oleh komputer dapat dibuat menjadi sebuah keyframe. Sehingga menjadi jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan animasi yang dilakukan manual.

Perubahan teknik penggambaran animasi dunia mulai bergeser menjadi teknik tiga-dimensi (3-D) ketika Pixar Animation Studios memproduksi Toy Story, Antz, A Bug’s Life. Penggunaan animasi 3-D makin menggila ketika Shrek dan Final Fantasy.Kedua film ini dikemas dengan menggunakan teknik yang lazim disebut Holy Grail. Teknik ini memungkinkan animator bisa membuat gambar-gambar lebih realistis, sehingga bisa mengekspresikan dialog dan emosi melalui sistem animasi wajah yang sangat rumit.Dengan berkembangnya teknologi internet, animasi pun diperlukan penggunaannya dalam sebuah halaman web, diantaranya ialah menceritakan sesuatu halaman web. Animasi juga digunakan bertujuan untuk menerangkan sebuah konsep yang tidak dapat diterangkan oleh media-media lain.

Animasi adalah film yang berasal dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak.  Animasi itu macam-macam jenisnya. Ada yang  2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Pada animasi 2D, figur animasi dibuat dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Sedangkan 3D lebih kompleks lagi karena menambahkan berbagai efek di dalamnya seperti efek percahayaan, air dan api, dan sebagainya.

Film animasi merupakan film yang memanfaatkan gambar dan benda benda mati yang lain seperti boneka, meja, kursi. dll yang bisa dihidupkan dengan teknik animasi. Selain itu subyek subyek hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan juga bisa dianimasikan. Prinsip teknik animasi sama dengan pembuatan film dengan subyek hidup yang memerlukan + 24 gambar per detik untuk menciptakan ilusi gerak. Film animasi dengan materi rentetan gambar baik 2D maupun 3D yang kemudian dikenal dengan nama film kartun sekarang banyak diproduksi. Studio Walt Disney di Amerika Serikat dari dulu sudah dikenal sebagai produsen terbesar film kartun dunia, dan dari studio tersebut banyak lahir icon icon kartun seperti Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy, dll. Sekalipun hanya animasi dalam produksinya memerlukan proses yang cermat, waktu pengerjaan yang lama dan teknik teknik animasi yang sangat halus.

Sebagai contoh film animasi Final Fantasy yang disebut sebut sebagai film animasi paling mutakhir dalam prosesnya memerlukan sekitar 200an orang animator dan 200an orang desainer serta kurang lebih 6000 gambar helai rambut untuk setiap tokohnya. Teknik animasi selain untuk pembuatan film animasi juga dipakai untuk pembuatan film iklan film pendidikan, penulisan judul dan susunan nama nama pendukung dari sebuah produksi film

Perangkat Lunak untuk Pembuatan Animasi

Animasi 3D hanya bisa diciptakan dengan software khusus 3D. Software 3D  profesional yang banyak digunakan adalah 3Dsmax, dan Maya 3D. Banyaknya fasilitas pada kedua software tersebut menyebabkan tingkat kesulitan yang  tinggi untuk mempelajarinya. Selain itu kehebatan software ini juga diimbangi dengan  harga yang mahal.

3D sampai saat ini masih menjadi komoditas primadona di bidang audio-visual.  Selain menuntut kerja keras untuk memupuk keahlian di bidang 3D, juga diperlukan  alokasi dana besar untuk prangkat penunjangnya. Untuk perangkat keras mutlak diperlukan  komputer dengan kapasitas prima. komputer yang dirancang untuk menangani data dengan aliran data sangat tinggi.

 

Animasi 3 Dimensi

Merujuk kepada animasi yang mengandungi objek tiga dimensi yang biasanya terbentuk menerusi pemodelan atau formula matematik Setiap objek mampu dipapar serta dipertontonkan dari berbagai sudut pandangan, memberikan ilusi seolah-olah ianya objek sebenar yang berdimensi.

Terdapat beberapa kaedah pembangunan animasi tiga dimensi. Antaranya :

–  Penghasilan Papan Cerita (Storyboarding)

–  Pemodelan (Modelling) dan Pencahayaan (Lightning)

–  Pemetaan (Mapping)

–  Rendering dan Animasi

 

ANIMATOR

Pendesain animasi di komputer yang lebih umum disebut animator, hanya perlu untuk menganimasikan objek antarkeyframe.Perkembangan dunia animasi komputer sekarang sudah sangat pesat. Apalagi sejak diciptakannya animasi berbasis tiga dimensi (3D Animation) yang mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi (Z-axis) maka objek dan pergerakannya hamper mendekati kenyataan aslinya. Hanya saja objek tersebut dibuat di dunia maya (virtual reality).  Perkembangan ini dibarengi pula dengan cukup banyaknya perangkat lunak yang mendukungnya seperti misalnya Macromedia Flash, GlF Animation, dan Corel Rave sebagai software-software pengusung animasi dua dimensi. Sedangkan 3D MAX Studio, Alias Wave Front AMA, Light Wave, dan Cinema 4D, sebagai software-software inti popular pendukung animasi 3D. Dengan perkembangan ini maka pada era sekarang animasi tidak hanya sebatas pada menggerakkan sebuah objek saja. Tetapi sudah masuk pada pemberian tekstur dan pewarnaan, pemodifikasian struktur dan karakter objek, objek morfing, pemberian cahaya dan kamera, serta pemberian efek-efek dan partikel pada sebuahobjek yang sedemikian rupa. Sehingga output yang dihasilkan berupa sebuah animasi objek yang benar-benar mendekati aslinya dalam kehidupan.

 

Adapun sisi positif dari fenomena ini bertambah luasnya lahan pekerjaan bagi seorang animator. Tidak hanya sebagai animator film dalam pembuatan sekuel film, tetapi seorang animator dapat berperan dalam pembuatan sebuah iklan multimedia, pengisi special effect dalam pembuatan video klip musik/film. Juga berperan dalam pembuatan presentasi multimedia, turut mendesain sebuah web yang dinamis dan interaktif serta masih banyak lagi lahan pekerjaan yang menuntut peranan seorang animator. Jika dikaji lebih jauh, dalam berbagai pekerjaan yang ditawarkan maka kelebihan utama seorang animator dibandingkan dengan camera man, bahwa seorang animator dapat mengkreasi sebuah objek atau efek yang tidak mampu dihasilkan camera man. Misalnya seorang animator mampu membuat visualisasi angin topan, gunung meletus yang mengeluarkan lava panas, menghidupkan kembali monster dinosaurus yang sudah punah beberapa abad silam, merobohkan gedung, membuat pesawat semahal F-16 meledak dan terbakar. Malah masih banyak lagi pekerjaan lain yang mustahil dikerjakan oleh camera man. Andaikan dapat dikerjakan oleh camera man maka pekerjaan tersebut akan menyerap dana, waktu, dan tenaga yang sangat besar.

Itulah peranan animasi, terutama animasi dalam dunia komputer dan peranan animator sebagai sang arsitek pendesain sebuah animasi.